DETAIL BERITA

Serah Terima Jabatan PKS STM(SMKN 3) Mataram

Serah Terima Jabatan PKS STM(SMKN 3) Mataram


Mataram, 27 September 2018 Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Satuan SMK Negeri 3 Mataram melaksanakan kegiatan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepengurusan Baru dari Masa Bakti 2017/2018 kepada 2018/2019. Acara tersebut dilakukan atas dasar berakhirnya masa kepengurusan baru angkatan III yang telah genap memegang jabatan selama satu tahun dan penyerahan seluruh jabatan Satuan kepada Angkatan IV. Bertempat di Aula Sangraha Wiguna Lantai Dua SMK Negeri 3 Mataram, kegiatan tersebut dilaksanakan pada pukul 14.30 Wita.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Kanit Dikyasa Satlantas Polres Mataram, Wakil Kepala bagian Kesiswaan SMK Negeri 3 Mataram, perwakilan seluruh Ekstrakulikuler di SMK Negeri 3 Mataram, Orang Tua/Wali angkatan IV, perwakilan Anggota PKS dari semua Satuan di Mataram, serta seluruh anggota Patroli Keamanan Sekolah Satuan SMK Negeri 3 Mataram.

Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Satuan SMK Negeri 3 Matara merupakan salah satu Ekstrakulikuler teraktif di SMK Negeri 3 Mataram sekaligus Satuan PKS teraktif di Wilayah Hukum Polres Mataram. Dengan predikat tersebut, seluruh panitia menyiapkan rangkaian acara dengan sangat maksimal. Jalannya acara tersebut diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan pembacaam kalam ilahi yang dibawakan oleh Calon Anggota (CATA) Pantroli Keamanan Sekolah (PKS) Satuan SMK Negeri 3 Mataram Angkatan V yang dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh hadirin dalam acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Satuan SMK Negeri 3 Mataram.

Acara dilanjutkan dengan berbagai sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Satuan SMK Negeri 3 Mataram Masa Bakti 2017/2018 yaitu Wahyu Hidayat sekaligus menyampaikan laporan anggaran seluruh kegiatan dan program kerja satuan. Dikarenakan akan mengakhiri masa jatabannya, Wahyu Hidayat berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantunya dalam bertugas mengembangkan nama Satuan sehingga menjadi Satuan aktif dan terbaik. Pihak – pihak tersebut ialah pihak Sekolah, Pihak Polres Mataram, rekan Esktrakulikuler SMK Negeri 3 Mataram, rekan PKS Satuan Polres Mataram, Orang Tua/Wali anggota serta seluruh keluarga besar PKS Satuan SMK Negeri 3 Mataram.

Dalam sambutannya, Wahyu Hidayat berterimakasih kepada pihak keluarga Anggota karena apabila ada yang tidak berkenan menganai disitanya waktu di rumah anggota karena menjalankan tugas satuan di sekolah. Dilanjutkan dengan laporan penggunaan dana seluruh kegiatan PKS Satuan SMK Negeri 3 Mataram mulai Sertijab Angkatan III, Diklatsar Angkatan IV, Diksus Angkatan IV, Dikma Angkatan IV, Diklatsatgab PKS Polres, Ultah PKS, LDK, serta Baksos. Disamping itu, Wahyu juga menyampaikan seluruh jenis kegiatan yang dilaksanakan PKS Satuan SMK Negeri 3 Mataram. Antara lain : Upacara Penyerahan Penghargaan oleh Satlantas Polres Mataram, Sertijab Angkatan III, Diklatsar Angkatan IV, PPP Rekreasi, Diksus Angkatan IV, Dikma Angkatan IV, Diklatsatgab PKS Polres, Ultah PKS, Seleksi PKS 31 Porlres Mataram, PAM Ultah Sekolah, PAM PGRI, PAM Pensi Sekolah, PAM LKS Nasional, PAM Hari Kemerdekaan, LDK, Baksos, Latraba, dan Ulang Tahun Polantas oleh Polres Mataram.

Sambutan selanjutnya disampaikan langsung oleh Wakil Kepala Bagian Kesiswaan SMK Negeri 3 Mataram, bapak Drs. Syaifuddin, MM. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terimakasi yang sebesar – besarnya kepada seluruh pihak yang telah menghadiri acara tersebut. Beliau juga berpesan agar dukungan orang tua dalam peningkatan minat dan bakat terus dilakukan untuk menegah kenakalan remaja di luar rumah dan luar sekolah. “Degan mengikuti kegiatan Ekstrakulikuler akan meningkatkan kepemimpinan anak – anak dan meningkatkan keaktifannya dalam lingkungan social yang sudah mulai tergerus oleh arus pemakaian Gadget atau Smartphone,” imbuhnya di atas mimbar pidato. “Dengan berada di lingkungan sekolah, anak akan memanfaatkan waktunya di sekolah tentunya yang sudah dipastikan positif daripada bermain bebas di luar melakukan aksi kenakalan remaja,” tambahnya. Sebelum mengakhiri pidatonya, beliau memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh Anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Satuan SMK Negeri 3 Mataram untuk berjuang dalam belajar dan menimba ilmu di Sekolah serta membagi waktu dengan mengikuti kegiatan Ekstra.

Sambutan juga disampaikan oleh perwakilan Kanit Dikyasa Satlantas Polres Mataram yang berhalangan untuk menghadiri acara tersebut, yaitu Bripka Surya Darma. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi sebesar – besarnya untuk pihak sekolah yang telah membantu dan memberikan dukungan kepada Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Satuan SMK Negeri 3 Mataram dalam bertugas. Disamping itu, apresiasi juga disampaikan kepada seluruh Anggota PKS Satuan SMK Negeri 3 Mataram karena dedikasinya dalam bertugas serta membantu tugas kepolisian dalam mengatur, menjaga, dam mengamankan kondisi arus lalu lintas lingkungan sekolah di saat jam masuk dan pulang sekolah.

 Acara selanjutnya yaitu prosesi inti, Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepengurusan Baru dari Masa Bakti 2017/2018 kepada 2018/2019 diserahkan oleh Wahyu Hidayat selaku Ketua periode 2017/2018 disaksikan oleh Wakasek Kesiswaan, Bapak Drs. Syaifuddin, MM serta Bapak dari Nitdikyasa Satlantas Polres Mataram, Bapak Bripka Surya Darma. Adapun struktur kepengurusan yang baru yaitu, Ketua Satuan dijabat oleh Avin Juliardie siswa dari kelas XI DPIB B, Wakil Ketua Satuan diemban oleh Zaetun Saofi Nurjannah siswi kelas XI Geomatika, Sekretaris Satuan diemban oleh Husnul Hamidah siswi kelas XI DPIB A, Bendahara Satuan diemban oleh Baiq Indri siswi XI TKJ B, Komandan Korlap Satuan diemban oleh Wahyudin siswa kelas XI TITL A, Anggota Korlap I diemban oleh Hadiyasa Sendi Ramdan siswa XI TEI, Anggota Korlap II diemban oleh I Gede Indra Juliartha siswa kelas XI TPL, Anggota Korlap III diemban oleh I Putu Bayu Pramartha siswa kelas XI TKRO A. Kemudian, Komandan Korlantas Satuan diemban oleh Rizky Aditya Pratama siswa kelas XI TKJ B, Anggota Korlantas I diemban oleh I Made Arta Bayu Kumara siswa kelas XI TKJ A, Anggota Korlantas II diemban oleh I Gede Maji Arya Duta Edi Putra siswa kelas XI TKJ B, dan Anggota Korlantas III diemban oleh Dani Maulana Saputra siswa kelas XI Geomatika. Selanjutnya, Komandan Provos Satuan diemban oleh I Made Pranata Sada siswa kelas XI TKRO A, Anggota Provos I diemban oleh Juanda Firrizqi siswa kelas XI TAV B, Anggota Provos II diemban oleh Hadad Bawazir siswa kelas XI TPL, dan Anggota Provos III diemban oleh I Gede Bawa Septiayugitha siswa kelas XI TKJ A. Disamping itu, Humas Satuan diemban oleh Melati Widia Astuti siswi kelas XI TKJ B dan Indri Komala Sari siswi kelas XI TKJ A.

Prosesi inti tersebut dirangkaikan dengan penyerahan bendera PKS kepemimpinan dari Wahyu Hidayat kepada Avin Juliardie selaku ketua baru. Selesai penyerahan bendera, dilaksanakan penandatanganan surat berita acara. Selanjutnya, proses pelantikan pengurus baru Patroli Keamanan Sekolah Satuan SMK Negeri 3 Mataram oleh Bapak Drs, Syaifuddin, MM selaku wakasek kesiswaan dengan sumpah jabatan serta pembacaan Sapta Dharma PKS untuk terus mengabdi kepada Satuan, Sekolah, Keluarga, Bangsa dan Negara. Dengan selesainya penyerahan dan terima jabatan serta pelantikan, maka selesailah prosesi inti kegiatan Sertijab PKS Satuan SMK Negeri 3 Mataram. Untuk memberi selamat, Bapak Drs. Syaifuddin, MM, Bripka Surya dan Wahyu Hidayat berkeliling untuk memberikan selamat kepada seluruh pengurus baru yang telah selesai dilantik.

Setelah pengurus baru keluar ruangan, maka selesailah seluruh kegiatan dan diakhiri dengan pembacaan doa. Sebelum seluruh hadirin meninggalkan ruangan acara, dilaksanakan foto bersama seluruh orang tua bersama pengurus baru PKS Satuan SMK Negeri 3 Mataram. – (Sekbid OKPLHS Pengurus OSIS 2017/2018)