Selamat Datang di Website Resmi SMK Negeri 3 Mataram

DETAIL BERITA

Prakerin Kelas XI Sukses, SMKN 3 Mataram siap sambut PPDB 2018/2019

Prakerin Kelas XI Sukses, SMKN 3 Mataram siap sambut PPDB 2018/2019


Mataram – Kamis (31/5) SMK Negeri 3 Mataram tampak ramai setelah kembalinya seluruh siswa dan siswi kelas XI ke sekolah tercinta pasca melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan Praktek Kerja Industri mulai 12 Maret sampai dengan hari ini, 31 Mei. Sebanyak 700 siswa dan siswi kelas XI kembali dari berbagai penjuru dunia usaha dan dunia industri (DU/DI) yang tersebar di pulau Lombok.

Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan sebuah program dan sistem pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah terhadap metode pendidikan SMK di Indonesia. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih tiga bulan tersebut menjadi ajang unjuk kemampuan siswa dan siswi di DU/DI terkait ilmu yang diperoleh di sekolah selama ini. Selama kegiatan Prakerin, siswa dan siswi yang terbagi dalam  13 program keahlian di SMK Negeri 3 Mataram diharuskan untuk patuh sesuai dengan peratuan dan ketentuan yang diterapkan perusahaan tempat Prakerin. Mulai dari jam kerja, pakaian kerja, jenis pekerjaan, bahkan tata tertib pegawai.

Sebelum melaksanakan Prakerin, siswa kelas XI melaksanakan Penilaian Akhir Semester genap bertepatan dengan Penilaian Tengah Semester Genap oleh kelas X pada 5 Maret silam. Kemudian, kelas XI dilepas secara langsung oleh Kepala SMK Negeri 3 Mataram, Bapak Moh. Tauhid S.Pd pada sabtu (10/03). Selanjutnya, Senin (12/03) siswa dan siswi bersiap menuju tempat industri masing – masing bersama dengan guru pembimbingnya.

Selama kurang lebih 3 bulan meninggalkan PBM di sekolah, siswa dan siswi kelas XI kini telah kembali dan bersiap menempuh pendidikan di tahun ajaran baru. Akan tetapi, siswa diharuskan untuk membuat laporan Prakerin sesuai dengan kegiatan yang dilakukan selama ini di masing – masing DU/DI.

Tak ketinggalan, SMK Negeri 3 Mataram juga siap menyambut PPDB 2018/2019. Ratusan peminat sekolah terbesar di Provinsi NTB tersebut ramai – ramai berdatangan dan memenuhi ruangan aula pada (31/5) silam untuk mendengar pengarahan dan sosialisasi system penerimaan siswa baru di SMK Negeri 3 Mataram.

Tahun ini, SMK Negeri 3 Mataram akan menampung 448 siswa yang terbagi dalam 13 kompetensi keahlian. Rangkaian awal PPDB di SMK Negeri 3 Mataram  yang kegiatannya masih menunggu petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sampai berita ini ditulis belum ada. Biasanya PPDB diawali dengan kegiatan test fisik. Test fisik yang dilalui adalah pemeriksaan kondisi fisik calon siswa, mulai dari keberadaan tattoo, tindik yang dilarang dalam dunia kerja. Kemudian, pemeriksaan kebutaan warna. Hal tersebut ditujukan agar para siswa yang terjaring menjadi peserta didik SMK Negeri 3 Mataram yang layak untuk masuk ke perusahaan dengan larangan penggunaan tattoo dan tindik setelah tamat belajar. (Tim Jurnalistik SMK Negeri 3 Mataram, Editor : Yasdwipura)