Selamat Datang di Website Resmi SMK Negeri 3 Mataram

DETAIL BERITA

Guru BK dan 4 Pilar Penting Pendidikan

Guru BK dan 4 Pilar Penting Pendidikan


Education New Zealand (ENZ) untuk kali ke 3 mengadakan pelatihan bagi guru bimbingan konseling (BK) dan kepala sekolah, 7-8 Mei 2018 di Jakarta.

Guru BK dianggap memegang peranan dominan bagi perkembangan karakter, kepribadian dan potensi siswa. Peran kepala sekolah juga dianggap penting dalam membentuk lulusan-lulusan terbaik dari sekolah melalui sistem manajerial sekolah yang optimal.

150 peserta dari berbagai sekolah SMA/SMK swasta Jakarta hadir dalam pelatihan hari ini (7/5/2018) sedangkan 100 peserta dari Surabaya rencananya akan diadakan di Surabaya 9 Mei 2018.

"Kami juga akan mengadakan pelatihan yang sama kepada 139 guru BK dari SMA/SMK/MA negeri di Balai Kota besok (8/5/2018)," jelas Karmela Christy Market Manager Indonesia untuk ENZ.

Kami berharap dengan adanya program ini akan dapat memberikan perspektif baru, khususnya bagi para pemegang peran penting di dunia pendidikan Indonesia terutama yang menentukan tujuan dan masa depan para siswa, tambah Karmela. Matt Carter dari Otago Polytechnic New Zealand menjelaskan 4 pilar penting dalam pendidikan kepada para kepala sekolah yang hadir dalam pelatihan Education New Zealand (7/5/2018)(Dok. ENZ)

Program tahunan yang digagas dan didukung pemerintah New Zealand ini menggandeng Fortrust Education untuk mendukung koordinasi kegiatan di sejumlah sekolah Jakarta dan Surabaya.

Tahun ini ENZ menghadirkan Yvonne Gaut dari University of Otago dan Matt Carter dari Otago Polytechnic sebagai pembicara sekaligus pelatih dalam program ini.

"Dengan membangun relasi yang baik dan mendengarkan harapan dan aspirasi para siswa, guru BK dapat membantu siswanya membangun pondasidalam menentukan karir mereka sehingga pada akhirnya mereka dapat menggapai karir impiannya," ujar Yvonne.

Sementara itu, Matt Carter dihadapan para kepala sekolah yang hadir menekankan pentingnya 4 pilar dari pendidikan yang dianggap unggul.

"Setiap institusi pendidikan memerlukan kualitas pendidikan yang baik berdasarkan pada pilar budaya inovasi, pengembangan kepemimpinan, kemampuan guru dan sistem kontrol manajemen yang baik," jelas Matt.

Kombinasi 4 pilar tersebut tidak hanya memastikan kualitas edukasi yang ditawarkan oleh institusi tersebut tetapi juga menolong para siswa untuk berhasil selama pembelajaran, tambah Matt.

 

Sumber : edukasi.kompas.com