DETAIL BERITA

Peringantan Hari Pendidikan Nasional 2018

Peringantan Hari Pendidikan Nasional 2018


SMKN 3 Mataram - Dengan nuansa pagi yang cerah. Siswa – siswa SMK Negeri 3 Mataram beriringan memasuki pintu gerbang utama sekolah kebanggannya. Dengan langkah kaki yang semrawut dengan irama tergesa  - gesa, siswa memikul beban semangat yang keras untuk pagi ini. Arus lalu lintas yang memadat, menandakan kesibukan kota siap untuk dimulai.

Hari ini, tepat 02 Mei 2018 seluruh insan pendidikan di Indonesia akan memperingati hari bersejarah yaitu lahirnya sosok yang sangat berjasa untuk kemajuan Pendidikan Bangsa Indonesia. Ki Hajar Dewantara ialah tokoh pahlawan nasional yang meniti langkah dan karirnya di dunia Pendidikan Indonesia. Siswa – siswi SMK Negeri 3 Mataram hari ini semarak untuk melakukan upacara bendera di lapangan. Iringan siswa – siswi mulai memadati lapangan atau lokasi upacara. Terlihat guru – guru sumringah dengan pakaian putih hitam. Tidak hanya guru, beberapa petugas juga bergegas untuk menyiapkan keberlangsungan Upacara Bendera Hardiknas 2018. Kelompok Paskibra SMK Negeri 3 Mataram telah siap dengan pakaian putihnya untuk mengibarkan bendera Merah Putih serta menjadi petugas lainnya. Kemudian, Kelompok Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Satuan SMK Negeri 3 Mataram yang pada saat itu telah selesai bertugas mengatur kelancaran dan keamanan lalu lintas di depan sekolah mulai mengisi barisan belakang dan berkeliling sekolah untuk mengamankan keberlangsungan Upacara dengan seragam khas lantasnya.

Upacara bendera di SMK Negeri 3 Mataram terpantau lancar dari berbagai teknis, petugas maupu peserta. Pembina upacara Hari Pendidikan Nasional yaitu Bapak Wakil Kepala Bagian Kesiswaan SMK Negeri 3 Mataram, Drs. Syaifuddin, MM. Beliau menyampaikan amanat Pembina dengan membaca surat atau petikan dari Mendikbud RI Muhajjir Efendi.

Terkait dengan pelaksanaan Hari Pendidikan Nasional 2018 di Indonesia, Kota Mataram, Provinsi Nusa tenggara Barat menjadi tuan rumah perayaan hardiknas 2018. Kota Mataram, khususnya sekolah – sekolah di NTB telah bersiap untuk menyongsong Hardiknas tersebut. Dengan momentum tersebut, NTB akan menjadi daerah yang siap menjadi daerah dengan rentan waktu baik dalam pemerataan Pendidikan di Indonesia.

Tidak hanya itu, hal yang membanggakan juga dengan rangkaian Hari Pendidikan Nasional 2018 akan dirangkaikan dengan Lomba Komptensi Nasional SMK yang ke – 26 tingkat Nasional tahun 2018. Kegiatan tersebut akan mencapai puncaknya pada tanggal 06 – 12 Mei 2018. Untuk pembukaan LKS sendiri akan dilaksanakan pada 07 Mei 2018. Kemudian, untuk lokasi utama LKS sendiri akan bertempat di Lombok City Center, Lombok Barat. Hal tersebut sangat menggembirakan untuk dunia pendidikan NTB. SMK Negeri 3 Mataram juga terpilih untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan LKS 2018 di sekolah. – (OSIS SMK Negeri 3 Mataram)