Selamat Datang di Website Resmi SMK Negeri 3 Mataram

DETAIL BERITA

Hari Kartini

Hari Kartini


Tepat hari ini 21 April, seorang tokoh wanita yang prestisius dilahirkan. Raden Ajeng Kartini, selama ratusan tahun dikenal serta dikenang seluruh jasa dan rupanya. Sosok tersebut menjadi penyemangat, pendorong, serta pencetus semangat dalam mendongkrak kebangkitan kaum wanita pribumi di masa penjajahan.

Kartini menempuh pendidikan di salah satu sekolah Belanda. Disaat bersekolah di sana, Kartini tertarik dengan kemajuan daya dan pola pikir wanita Eropa. Kartini lebih universal disebut, dikenang, serta dijuluki tokoh emansipasi. Ia bekerja keras untuk membangkitkan semangat para wanita pribumi serta menunjukkan bahwa wanita memiliki hak yang semestinya diketahui oleh masyarakat lainnya. Hingga pada akhirnya, beliau dapat mewujudkannya walaupun sulit karena pada saat itu, kepercayaan akan kehormatan sosial terhadap wanita sering diragukan bahkan direndahkan.

Selamat merayakan hari Kartini untuk seluruh wanita di Indonesia. Terus berjuang untuk menghadapi hidup, jadikan wanita Indonesia menjadi pengiring majunya arus kehidupan. Hilangkan penodaan terhadap wanita Indonesia, dengan belajar, tekun, serta berusaha sekuat tenaga.

Dari sini, SMK Negeri 3 Mataram yang merupakan sekolah terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dihuni ribuan warga sekolah menuntut penghargaan serta kehormatan terhadap wanita. Disamping itu, seluruh manusia mempunyai hak untuk berhasil tanpa membeda - bedakan latar belakang. Sekali lagi, selamat memperingati Hari Kartini 2018. (Zaetun Saofi Nurjannah – X Geomatika)