DETAIL BERITA

DIKLATSAR ANGGOTA PKS ANGKATAN IV

DIKLATSAR ANGGOTA PKS ANGKATAN IV


Mataram - Patroli Keamanan Sekolah Satuan SMK Negeri 3 Mataram mengadakan Pelantikan Anggota baru yaitu angkatan IV (1/10). Sehari sebelumnya, diadakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar bagi seluruh Cata Angkatan IV yang bertempat di SMK Negeri 3 Mataram sebagai bekal dan latihan untuk menjadi anggota inti yang akan bertugas dan bertanggung jawab dalam bidang keamanan khususnya mengatur lalu lintas di area lingkungan sekolah (30/9).

Kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar dilaksanakan atas dasar meresmikan anggota baru Patroli Keamanan Sekolah, dalam kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar atau sering disebut DIKLATSAR, seluruh Cata dibekali dengan sikap kebersamaan dan kekompakan bersama anggota lainnya. Cata dibentuk menjadi beberapa regu yang akan selalu bekerja sama untuk mengatasi seluruh permasalahan yang terjadi dalam kegiatan diklatsar tersebut.

Bahaya penyalahgunaan narkoba bagi remaja, dampak merokok, dan tertib berlalu lintas menjadi materi pembekalan yang diadakan di ruangan. Seluruh materi tersebut disampaikan atas dasar semakin meningkatnya kasus remaja yang berkaitan dengan narkoba dan rokok. Hal tersebut yang menghambat pertumbuhan remaja yang berkualitas. Sedangkan tertib berlalu lintas disampaikan atas dasar pudarnya budaya tertib dalam berlalu lintas di kalangan masyarakat luas terutama remaja.

Dalam penyelenggaraan kegiatan Diklatsar dilakukan beberapa pelatihan, yaitu pelatihan fisik dan pelatihan mental. Dalam melatih  fisik dan mental, Cata akan melakukan aksi push up apabila Cata melakukan kesalahan bersama anggota regunya masing-masing. Pelatihan fisik juga dilaksanakan pada pagi hari, Cata akan berlari mengelilingi lingkungan sekolah sebanyak tiga putaran, melakukan senam ringan, dan dilanjuti dengan demo pelatihan pembentukan otot tubuh bagi pria dan wanita.

Penulis : OSIS SMKN 3 Mataram-2017/2018

Untuk menguji kebersamaan dan kekompakan Cata, kakak tingkat menyediakan dua kegiatan, yaitu jurit malam dan games. Melalui dua kegiatan tersebut diharapkan Cata dapat bersikap gotong royong dalam kehidupan berorganisasi dan menjalankan tugas serta kewajiban. Pembentukan fisik dan mental sangat membantu proses keberlangsungan anggota dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai anggota Patroli Keamanan Sekokah Satuan SMK Negeri 3 Mataram.

Rangkaian acara Diklatsar diawali dengan apel pembukaan yang diikuti oleh seluruh Cata, kakak tingkat, dan anggota Patroli Keamanan Sekolah dari seluruh angkatan yang berstatus purna. Dalam apel, ketua Patroli Keamanan Sekolah Satuan SMK Negeri 3 Mataram berpesan kepada seluruh Cata untuk mengikuti seluruh rangkaian acara dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Setelah melakukan apel pembukaan, Cata diberikan materi lapangan yang berkaitan dengan suasana tugas dan kewajiban setelah menjadi anggota inti Patroli Keamanan Sekolah SMK Negeri 3 Mataram. Adapun materi lapangan yang disampaikan oleh Danlap yaitu, 12 Gerakan Dasar Pengaturan Lalu lintas dan 12 Gerakan Dasar Peraturan Baris-Berbaris. Dalam kegiatan tersebut, pelatihan fisik dan mental juga diuji, setiap anggota yang kurang berkonsentrasi dalam mempratikkan materi, akan diberikan perintah mempratikkan push up bersama regunya masing – masing dengan sistem satu Cata yang melakukan kesalahan, semua Cata menerima konsekuensinya dengan harapan mampu mendongkrak daya konsentrasi Cata dalam menerima materi.

Setelah melakukan materi lapangan, Cata diperintahkan untuk beristirahat dan mandi di tempat masing-masing yang telah ditentukan oleh kakak tingkat. Selanjutnya, seluruh Cata akan diperintahkan untuk menuju ke tempat melaksanakan ibadah masing-masing. Cata yang beragama islam melaksanakan ibadah sholat magrib dan isya serta melaksanakan kegiatan ketaqwaan di Musholla SMK Negeri 3 Mataram. Seluruh Cata yang beragama islam melaksanakan kegiatan kajian yang diberikan oleh kakak tingkat dengan membahas seputar prilaku remaja dari segi keagamaan. Disamping itu, Cata juga diperintahkan untuk membaca al-quran bersama.

Sedangkan, untuk Cata yang beragama hindu melakukan persembahyangan di ruang Kerohanian Hindu SMK Negeri 3 Mataram. Persembahyangan juga dilengkapi dengan canang beserta beberapa bahan persembahyangan lainnya yang dibawa dan disediakan oleh masing-masing Cata. Penyimpangan dari segi agama yang terjadi pada kehidupan remaja menjadi pokok pembahasan dalam pelaksanaan persembahyangan tersebut. Setelah melakukan kegiatan peribadahan, semua Cata dipersilakan untuk santap malam bersama Cata lainnya.

Setelah itu, saatnya pembekalan matari oleh kakak tingkat. Kakak tingkat yang memberikan materi ialah ketua Patroli Keamanan Sekolah Satuan SMK Negeri 3 Mataram yaitu, Wahyu hidayat. Materi yang diberikan ialah mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba dan dampak merugikan dari merokok. Disamping itu, materi yang diberikan yaitu masalah ketertiban dalam berlalu lintas. Materi lalu lintas tersebut membahas tentang factor kecelakaan, jenis-jenis marka, rambu, dan UU Lalu Lintas. Setelah menyampaikan materi, Cata diperintahkan untuk mengikuti Ujian Kelayakan Anggota. Tujuan dari kegiatan tersebut ialah untuk mengukur kemampuan dan pemahaman Cata dalam menerima materi terkait Patroli Keamanan Sekolah dalam masa pelatihan. Cata akan diberikan 40 soal uraian yang akan dijawab secara tertulis dan termasuk 5 soal mengenai pendapat. Diharapkan melalui kegiatan tersebut Cata dalam menyadari kekurangan dalam memahami seluruh materi dan bisa diperbaiki sehingga materi yang diberikan dapat diimplementasikan dalam bertugas di sekolah.

Untuk melatih ketahanan mental Cata, jurit dilaksanakan pada dini hari. Dalam kegiatan tersebut kekompakan, kebersamaan, dan konsentrasi sangat dibutuhkan antar sesama anggota kelompok. Masing-masing regu diperintahkan untuk mengunjungi masing-masing pos yang telah disiapkan oleh kakak tingkat. Masing-masing pos berisi pertanyaan yang telah disiapkan oleh kakak tingkat mengenai seputar Patroli Keamanan Sekolah. Setiap kelompok diperintahkan untuk berjalan menuju lokasi pos dengan menjaga nyala lilin agar tidak padam sebagai alat penerang di setiap perjalanan. Setelah melakukan kegiatan ini, Cata dipersilakan untuk beristirahat dan melakukan ibadah sholat Subuh bagi yang muslim dan persiapan kegiatan fisik serta senam.

Kegiatan terakhir sebelum upacara pelantikan adalah uji kekompakan dan kebersamaan Cata dengan bermain games bersama. Kegiatan games dilakukan dengan membagi keseluruhan Cata menjadi dua regu. Masing-masing regu memiliki misi dengan berbagai cara untuk menutupi lubang paralon yang telah dibuat agar mencegah mengalirnya air keluar sehingga benda yang dibutuhkan dapat mengambang dan diambil. Seluruh anggota regu berperan aktif untuk menjaga kekompakan regu dengan menutupi lubang paralon dengan tangan, menempelkan badan dengan paralon serta menutup lubang dengan pakaian masing-masing. Dalam kegiatan ini, kebersamaan dapat dirasakan dari semua Cata.

Kakak tingkat mengumumkan masing-masing keaktifan seluruh Cata. Seluruh Cata merasakan haru dan merangkul satu sama lain. Merayakan kelulusan mereka menjadi anggota inti Patroli Keamanan Sekolah Satuan SMK Negeri 3 Mataram angkatan IV. Semua Cata dinyatakan lulus, semua Cata merayakan kelulusan, tangisan tumpah ruah, haru menjadi-jadi, dan semua Cata saling merangkul satu sama lain.

Setelah dinyatakan lulus, kegiatan terakhir yaitu apel penutupan sekaligus pelantikan secara simbolis dengan penyerahan pakaian Anggota Patroli Keamanan Sekolah Satuan SMK Negeri 3 Mataram Angkatan IV. Diharapkan, melalui kegiatan ini Angkatan IV mampu menjalankan tugas dan kewajiban secara baik, berakhlak mulia, selalu menaati tata tertib organisasi dan sekolah. Kebersamaan dan kekompakan yang telah dilatih diharapkan mampu dikembangkan dalam setiap kegiatan organisasi.