DETAIL BERITA

ABSTRAK Baeduriyah, S.Pd (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbasis TPACK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN 3 Mataram Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia

ABSTRAK Baeduriyah, S.Pd (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbasis TPACK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN 3 Mataram Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia


ABSTRAK

Baeduriyah, S.Pd (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbasis TPACK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN 3 Mataram  Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi Ikatan Kimia dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 (tiga) siklus masing-masing dengan 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TEI Tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 33 siswa yang difokuskan pada materi Ikatan Kimia dengan Ketuntasan Kompetensi Minimal (KKM) ≥60 baik ranah pengetahuan maupun keterampilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan angket siswa. Analisis data memfokuskan pada jumlah siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar pada ranah pengetahuan siklus I rata-rata nilai sebesar 49 dengan ketuntasan 50%. Pada ranah keterampilan nilai rata-rata sebesar 71 dengan ketuntasan 67%. https://youtu.be/RZ8s0q3DTNo

Hasil belajar pada ranah pengetahuan siklus II rata-rata nilai sebesar 63 dengan ketuntasan 50%. Pada ranah keterampilan nilai rata-rata sebesar 75 dengan ketuntasan 80% https://youtu.be/3I_jZ6atqlo

Sedangkan hasil belajar pada ranah pengetahuan siklus III rata-rata nilai sebesar 61 dengan ketuntasan 66,7%. Pada ranah keterampilan nilai rata-rata sebesar 77,3 dengan ketuntasan 86,7%. https://youtu.be/70JWCRubsH0

Pada tiap siklus penelitian terdapat peningkatan hasil belajar baik dari jumlah keterlibatan siswa dalam pembelajaran, hasil belajar pada ranah pengetahuan walaupun belum mencapai standar keberhasilan yakni sama atau lebih dari 75% namun hasil menunjukkan adanya peningkatan pada tiap siklus. Sedangkan pada ranah keterampilan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan  keterampilan siswa dengan pencapaian ketuntasan sebesar 86,7%. Namun pembelajaran harus tetap ditindaklanjuti terutama bagi siswa yang tidak aktif sama sekali dalam pembelajaran daring agar tidak terjadi lost generation karena adanya pembelajaran jarak jauh.

Laporan Penelitian Tindakan Kelas dapat diakses pada link :

https://drive.google.com/file/d/1R9FojKQF9-DuUafudPgUEIY3Yx1gPiqN/view?usp=sharing