DETAIL BERITA

Pembelajaran Berbasis STEM pada mata pelajaran Kimia pokok bahasan Pemisahan Campuran

Pembelajaran Berbasis STEM pada mata pelajaran Kimia pokok bahasan Pemisahan Campuran


Artikel oleh : Baeduriyah, S.Pd

Pembelajaran Berbasis STEM pada mata pelajaran Kimia pokok bahasan Pemisahan Campuran

Karakteristik pembelajaran abad 21 adalah pendekatan Science, Technology, Engeneering and Mathematics (STEM), yang memperlihatkan konsep-konsep danprinsip-prinsip digunakan secara terintegrasi untuk mengembangkan produk, proses dan system untuk memecahkan permasalahan manusia. Terkait dengan hal ini, terobosan pembelajaran abad 21 menjadi motivasi bagi pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan pembelajaran yang mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang timbul pada masyarakat.

Pembelajaran STEM Kimia di SMKN 3 Mataram diperkenalkan melalui diklat “Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM” yang dilaksanakan mulai tanggal 7 Mei – 31 Oktober 2019. Perancangan pembelajaran STEM pada diklat ini, bersama guru kimia lainnya, mengangkat permasalahan tentang kurangnya air bersih yang dapat diatasi dengan penjernihan air menggunakan alat dan bahan sederhana. Pembelajaran kelas dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan model Project Based Learning yang dilaksanakan pada bulan Agustus. Pertemuan pertama pemberian project kepada siswa yang diselesaikan dalam waktu satu minggu. Pertemuan kedua presentasi hasil karya yang telah dibuat sekaligus pengujian pH air hasil penyaringan dengan alat yang dibuat.

Proyek pembelajaran selanjutnya adalah membuat alat filtrasi yang lebih besar yang dilaksanakan dari bulan Agustus – Oktober dengan melibatkan semua guru Kimia dan beberapa perwakilan siswa kelas X di tiap jurusan. Siswa dan guru berkolaborasi melaksanakan proyek. Guru sebagai fasilitator yang menyediakan fasilitas pembelajaran dan siswa mengerjakan proyek secara terbimbing dan berbasis student center sehingga siswa berkolaborasi mengembangkan ide dan kreasinya mulai dari perencanaan hingga mendokumentasikan proyek yang dibuat. Alat uji dirangkai berdasarkan referensi yang telah ada kemudian diujikan dengan sample air kali Jangkuk Jembatan Udayana. Perubahan susunan bahan pada alat penyaringan terus diperbaiki dan diujikan hinggamendapatkan air hasil penyaringan dengan kualitas standar. Standar kualitas air dilihat dari ciri fisik dan pH air yang layak untuk beraktivitas belum sampai pada tahap air untuk konsumsi. Untuk ke depannya diharapkan pengujian dapat dilakukan sampai tahap pengujian mikrobiologi.

Perancangan dan pelaksanaan pembelajaran Kimia berbasis STEM dengan pokok bahasan Pemisahan Campuran dapat diakses melalui link :

Buku STEM Filtrasi Air :

Video Proyek Filtrasi Air :

Alat penyaringan yang telah dibuat dipamerkan pada acara “Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis STEM – Ekspose dan Pengimbasan SMK Negeri 3 Mataram” pada tanggal 28-31 Oktober 2020 bersama dengan produk STEM mata pelajaran lainnya yang dihadiri oleh Dinas Pendidikan Propinsi NTB dan guru-guru SMK se-Kota Mataram dan ikut dilombakan dalam “Lomba Inovasi Pengelolaan Sumber Daya Air” pada tanggal 25 Agustus 2020. Namun sayangnya belum mendapat hasil yang memuaskan. Dan ini memotivasi kami sebagai guru untuk lebih mengembangkan pembelajaran dan lebih berkarya dalam pembinaan siswa yang terampil.

 

Dokumentasi STEM