DETAIL BERITA

Menyingkap Peran Ilmu Pengetahuan di Masa Pandemi Lewat Kompetisi Sains Nasional

Menyingkap Peran Ilmu Pengetahuan di Masa Pandemi Lewat Kompetisi Sains Nasional


Bandung, Kemendikbud --- Perkembangan ilmu pengetahuan diyakini berperan penting selama masa pandemi Covid 19. Keberadaan sains dianggap dapat membangun energi positif dan rasa bahagia yang membuat seseorang lebih optimistis dalam melewati ujian dan rasa sakit. Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Asep Sukmayadi, saat membuka Kompetisi Sains Nasional (KSN), di Bandung, Jawa Barat, (1/11).
 
Asep mengatakan, saat ini berbagai sektor kehidupan di seluruh dunia terkena dampak akibat pandemi Covid-19. Adaptasi kebiasaan baru pun hadir menjadi jawaban agar masyarakat dapat menjalankan aktivitas positif dengan aman. Tak terkecuali dengan KSN yang tahun ini diselenggarakan secara virtual, guna menjamin keselamatan dan keamanan seluruh peserta.
 
Kebersamaan kita semua dalam kompetisi ini menegaskan bahwa pandemi tidak mampu memadamkan keinginan kita semua untuk berprestasi, dan menjalani hidup lebih baik,” katanya.
 
Meski tantangan yang dihadapi peserta kian beragam, Asep menyampaikan apresiasinya kepada para orang tua dan guru yang telah mendukung dan membangun semangat para siswa untuk tetap membangun eksistensi diri anak-anak melalui aktivitas positif seperti mengikuti kompetisi dan lomba.
 
“Inilah generasi muda dunia yang sesungguhnya, generasi yang ulet, jujur, dan semangat menolak menyerah dalam menghadapi tantangan yang menghadang di depan mata,” imbuhnya.
 
Asep mengatakan, keberadaan sains dapat membentuk sikap waspada namun tidak mudah curiga, dan saling menjaga. Selain itu juga mengajak semua pihak menyadari adanya hikmah di balik setiap kesulitan yang dihadapi.
 
Dalam laporannya, Ketua kelompok Kerja Bidang Pendidikan Dasar selaku Ketua Pelaksana KSN Jenjang Pendidikan Dasar 2020, Supriyatna menyampaikan, rasa syukurnya karena Puspresnas Kemendikbud dapat melakukan upaya perbaikan pendidikan melalui kompetisi di semua jenjang meski di tengah pandemi. 
 
Dengan moto ‘Jujur Itu Juara, Menolak Menyerah, dan Berprestasi Dari Rumah’ KSN yang diadakan tahun ini membuat para peserta didik mengikuti lomba dari rumah masing-masing menggunakan Handphone, Gedget atau perangkat elektronik lainnya. “Demi keselamatan dan keamanan mereka,” jelasnya. (Denty A./Aline R.)

Sumber : www.kemdikbud.go.id