DETAIL BERITA

Informasi PPDB tahun 2020/2021

Informasi PPDB tahun 2020/2021


INFORMASI SINGKAT

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)

SMK NEGERI 3 MATARAM 

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

  1. SYARAT PENDAFTARAN:
  1. SYARAT UMUM :
    1. Telah lulus dari SMP/SMPLB/MTs atau bentuk lain yang sederajat.
    2. Memiliki Ijazah atau bentuk lain yang menjelaskan telah menyelesaikan Kelas IX (sembilan) SMP/SMPLB/MTs atau Sederajat.
    3. Berusia setinggi-tingginya 21 tahun tanggal 1 Juli tahun berjalan dan belum menikah.
    4. Memiliki Akte Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir yang dikeluarkan oleh pihak berwenang dan dilegalisir oleh Lurah/Kepala Desa setempat sesuai dengan domisili calon peserta didik.
    5. Memiliki  nilai Rapor semester 1, 2, 3, 4 dan 5.
    6. Memiliki Surat Pernyataan Bebas Narkoba bermaterai Rp 6.000,- yang ditandatangani oleh Calon Peserta Didik dan Orang Tua/Wali Calon Peserta Didik.
    7. Semua berkas yang asli tersebut  discan atau difoto dokumen dan diupload pada saat pendaftaran online.

 

  1. SYARAT KHUSUS:
  1. Sebelum memilih Kompetensi Keahlian (Jurusan), agar terlebih dahulu membaca Profil masing-masing Kompetensi Keahlian /Jurusan.
  2. Pemilihan KK disarankan juga yang sesuai dengan bakat dan minat masing-masing calon (jangan memilih karena terpaksa/ikut-ikutan teman) dan yang satu rumpun.
  3. Khusus calon peserta didik baru  bila diterima di KK Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Multi Media (MM), Teknik Elektronika Industri (TEI),   dan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) wajib mempunyai Laptop minimal Core i3.
  4. Calon peserta didik baru bila diterima di KK Teknik Kendaraan Ringan (TKRO) dan  Teknik Sepeda Motor (TSBM)  wajib memiliki  Tool Box. Sedangkan Teknik Audio Video (TAV), Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TITL) dan Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) wajib memiliki Tool Set.

 

  1. JADWAL PELAKSANAAN:
    1. Jadwal Pelaksanaan PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagi berikut:

NO.

KEGIATAN

JADWAL

KETERANGAN

1

Pendaftaran Online

15-19  Juni 2020

 

2

Tes Fisik dan Verifikasi Sekolah

20-26 Juni 2020

 

3

Seleksi by Sistem

27-28 Juni 2020

 

4

Pengumuman & Pengambilan Berkas Daftar Ulang

29 Juni 2020

 

5

Pendaftaran Ulang bagi Calon Peserta Didik yang diterima

9-11 Juli 2020

 

6

Persiapan Pengenalan Lingkungan Sekolah (Pra-PLS)

10-12 Juli 2020

 

7

Pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)

13-15 Juli 2020

 

 

  1. PROSEDUR PENDAFTARAN:

Setiap Calon Peserta Didik Baru wajib melakukan pendaftaran Secara Online melalui laman  https://ppdb.dikbud.ntbprov.go.id dengan cara:

  1. Calon Peserta Didik Baru menginput Nomor Peserta Ujian Nasional SMP/MTs dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  2. Calon Peserta Didik Baru wajib memilih 3 (tiga) kompetensi keahlian pada jenis/kelompok keahlian yang sama secara berurutan  di SMKN 3 Mataram atau  pada SMK lain (pilihan 1 dan 2 boleh di SMKN 3 Mataram dan pilihan 3 boleh di SMKN lain).
  3. Calon Peserta Didik Baru SMK  menginput dan mengupload  Nilai Pengetahuan Rapor Semester 1,2,3,4 dan 5 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA secara jujur sesuai yang tertera di rapor.
  4. Calon Peserta Didik Baru mencetak Bukti Pendaftaran Online.
  5. Pendaftaran untuk SMK tidak menggunakan Zonasi dan Jalur.

 

 

 

 

  1. PELAKSANAAN TES FISIK:
    1. Dilakukan oleh Panitia Pelaksana di SMKN 3 Mataram meliputi tes buta warna, pengecekan tatoo dan tindikan.
    2. Pengumuman jadwal tes fisik masing-masing calon peserta didik baru yang sudah mendaftar online dapat dilihat di laman web PPDB dan web Dikbud.
    3. Calon peserta didik baru yang akan melaksanakan tes fisik, harus datang ke SMK Negeri 3 Mataram sesuai dengan jadwal pada poin 2) di atas dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 antara lain wajib memakai masker dan melengkapi diri dengan hand sanitizer.
    4. Persyaratan yang dibawa pada saat tes fisik antara lain pas photo ukuran 3x4 cm sebanyak 1 (satu) lembar,  blanko hasil tes fisik yang diperoleh pada panitia di  SMKN 3 Mataram, dan semua berkas persyaratan umum pada poin IA) di atas serta dimasukan di map.

 

  1. VERIFIKASI DATA:
    1. Panitia Pelaksana PPDB akan melakukan verifikasi semua data/berkas persyaratan calon peserta didik baru yang sudah mendaftar secara online dan telah mengikuti tes fisik.
    2. Berkas yang akan diverifikasi sesuai yang tercantum pada point IV.4 di atas yang diupload pada saat melakukan proses pendaftaran online.
    3. Berkas yang discan pada saat melakukan pendaftaran online di atas adalah berkas ASLI (bukan scan hasil foto copy berkas).
    4. Berkas yang discan sesuai dengan angka (3) di atas adalah semua persyaratan yang tercantum dalam Persyaratan Umum maupun Persyaratan Khusus.
    5.  
    6. Jika calon peserta didik baru menginput/mengentry data yang tidak sesuai dengan data asli/faktual maka calon peserta didik baru tersebut dinyatakan gugur/tidak diterima.

 

  1. KOMPETENSI KEAHLIAN YANG DAPAT DIPILIH DAN DAYA TAMPUNG:

NO

KOMPETENSI KEAHLIAN/JURUSAN/KODE

JUMLAH ROMBEL

JUMLAH PESERTA DIDIK

KETERANGAN

  1.  

Bisnis Konstruksi dan Properti (003/BKP)

1

32

 

2

Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (004/DPIB)

2

64

 

3

Geomatika (005/GEO)

1

32

 

4

Teknik Instalalsi Tenaga Listrik (009/TITL)

1

32

 

5

Teknik Pemesinan (013/TPM)

1

32

 

6

Teknik Pengelasan (014/TPL)

1

32

 

7

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (040/TKRO)

2

64

 

8

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (041/TBSM)

1

32

 

9

Teknik Audio Video (054/TAV)

2

64

 

10

Teknik Elektronika Industri (055/TEI)

1

32

 

11

Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU)

1

32

 

12

Teknik Energi Surya, Hidro & Angin (063/TESHA)

1

32

 

13

Teknik Komputer & Jaringan (066/TKJ)

1

32

 

14

Multi Media (067/MM)

2

64

 

 

J U M L A H

18

576

 

 

Catatan: Jumlah 32 peserta didik   perrombel tersebut sudah termasuk SISWA Kelas X yang tidak  naik kelas.

 

  1. LAIN-LAIN:

Apabila ada hal-hal yang belum jelas, dapat ditanyakan langsung kepada Panitia Pelaksana PPDB di SMK Negeri 3 Mataram. 

Mataram, 5 Juni  2020

Kepala Sekolah,    

t t d                                                           

Ruju Rahmad, S.Pd, MT

NIP. 197011151998011001