DETAIL BERITA

WISUDA Siswa Kelas XII Tahun 2019/2020

WISUDA Siswa Kelas XII Tahun 2019/2020


Mataram - SMK Negeri 3 Mataram mewisuda dan melepas langsung kelas XII tahun 2018/2019 bertempat di Ballroom Grand Madani Hotel pada Sabtu pagi (24/6).

Acara penting yang diselenggarakan setiap tahun itu turut mengundang pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, komite sekolah, serta pengawas sekolah. Disamping itu, turut hadir juga seluruh guru dan pegawai serta beberapa perwakilan orang tua.

Acara diawali dengan pembukaan serta dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta Hymne Guru. Kemudian, beberapa sambutan dari perwakilan kelas X - XI yang disampaikan oleh Baiq Faizha Arum Syifha selaku ketua panitia acara serta perwakilan kelas XII yang disampaikan oleh Lalu Colleo Wahyu Dwi Lavida selaku Ketua OSIS 2017/2018. Sambutan juga disampaikan oleh bapak Kepala SMK Negeri 3 Mataram, Moh. Tauhid, ST sekaligus melepas dan mengembalikan langsung siswa kepada orang tua serta Wakasek Kesiswaan, Drs. Syaifuddin, MM.

Sebagai bukti penghargaan oleh pihak sekolah mengumumkan dan memberikan langsung piagam penghargaan kepada 10 siswa dengan UNBK terbaik di SMK Negeri 3 Mataram kemudian nilai UN terbaik di 13 Paket Keahlian, serta penghargaan kepada siswa aktif dan berprestasi di bidang Kesiswaan.

Dengan dikembalikannya langsung siswa kepada orang tua secara simbolis oleh Kepala SMK Negeri 3 Mataram, Moh. Tauhid menandakan bahwa seluruh siswa kelas XII telah menyelesaikan masa belajar selama tiga tahun di SMK Negeri 3 Mataram.

Akhir dari rangkaian acara yakni, seluruh siswa yang berjumlah 689 dikalungkan gordon oleh masing - masing Ketua Program Keahlian. Momen tersebut diabadikan oleh tim dokumentasi sekolah yakni siswa yang tergabung dalam eksta kurikuler Fotografi. Setelah melakukan sesi pengalungan gordon, semua siswa melakukan sesi foto bersama masing masing kelas bersama guru dan pegawai di SMK Negeri 3 Mataram.

Usai sudah seluruh perjalanan 689 siswa menempuh rintangan dan berlabuh di dunia pendidikan SMK Negeri 3 Mataram. Banyak cerita selama kurang lebih tiga tahun menuntut ilmu dan pengalaman di sana. Berikut beberapa pendapat siswa yang menempuh pendidikan di SMK Negeri 3 Mataram.

Maulita Ul Hayat salah satunya salah satu siswa yang di wisuda dari paket keahlian Multimedia, sebagai seorang siswi yang menempuh pendidikan di sekolah dengan mayoritas putra, rasanya mungkin sedikit berbeda dengan pengalaman di sekolah pada umumnya. Hal yang sering  dialami oleh bendahara OSIS 2017/2018 tersebut, pada saat lagi berjalan ke kopsis/kantin/tempat lainnya di sekolah, kemudian bertemu dengan segerombolan siswa putra yang duduk di lorong sekolah, kemudian dia balik arah atau mencari jalan lain.

"Mungkin pandangan orang akan hal ini sedikit berbeda, namun, menurut saya balik lagi ke diri sendiri, bagaimana cara membawa diri," ungkap dia saat ditanya mengenai pengalaman menjadi minoritas di SMK Negeri 3 Mataram.

Kemudian pengalaman berharga menurut putri yang mengikuti KRM tersebut ialah pernah jadi pengurus OSIS,  peserta penyuluhan kader inti anti narkoba & bawah kepemimpinan pemuda, serta pengalaman terbaik di akhir putih abu ini, bergabung dengan KRM SMK Negeri 3 Mataram, dan bisa melaksanakan UN dengan lebih jujur.

"Alhamdulillah, selamat wisuda buat temen-temen seperjuangan SMK Negeri 3 Mataram tahun kelulusan 2019. Terima kasih untuk kebersamaannya. Mohon maaf apabila dalam bergaul terdapat kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja. Selamat datang di gerbang kehidupan baru. Ini bukan akhir perjuangan kita. Tetap semangat menatapkan hati untuk langkah selanjutnya. Jangan puas dengan mimpi yang kita raih saat ini. Raihlah mimpi yang lebih tinggi, dengan cinta, doa, dan usaha," tutup siswi kelas XII MM A tersebut.

Lain halnya dengan Karolina Dori Oktorani, siswi yang aktif di ekstrakurikuler tersebut menyatakan sangat terbantu karena siswa putra lebih tidak banyak mengeluh saat mengerjakan tugas dan lain hal di sekolah daripada siswa putri.

"Dan rata-rata dikelas, saya salut sama yang laki lebih kreatif lebih enak diajak kerjasama daripada yang putri, kerjain apa - apa yang modal tenaga jadi lebih enak", ujar siswi kelas XII TGB A tersebut.

"Selama saya sekolah pengalaman terbaik saya hanya di organisasi dan pas psg", tambah siswi yang mengikuti Paskibra dan KRM SMK Negeri 3 Mataram tersebut setelah ditanya pengalaman menariknya.

"Selamat untuk teman-teman yang sudah lulus, tetap semangat dan harumkan nama STM (SMKN 3 Mataram) di luar sana tunjukan kalau kita bisa. Dan untuk adik kelas semoga bisa lebih membanggakan dari angkatan-angkatan yang sebelumnya," kata I Gede Satria Putra Wibawa Wakil ketua OSIS dua periode 2016/2017 & 2017/2018 SMK Negeri 3 Mataram.

Mengenai pengalaman, Satria menegaskan sangat senang bisa sekolah di salah satu sekolah terbaik yang ada di Provinsi NTB.

"Pertama, ketika saya bertemu dengan teman-teman hebat yang selalu menjaga toleransi dan solidaritas sesama, meskipun tak jarang kita dicap nakal dan sering bolos oleh guru dan orang-orang di luar sekolah tapi dibalik itu semua kita tak kalah solidnya dari sekolah lain untuk mengharumkan nama baik sekolah kita."

"Pengalaman terbaik saya yaitu saat saya diberikan amanah & tanggung jawab dari siswa-siswi STM untuk menjadi Wakil Ketua OSIS selama 2 periode, dari itu saya bisa lebih mengenal bagaimana karakter-karakter anak STM agar lebih cermat dalam mengambil keputusan, selain itu saya juga menjadi orang yang lebih mampu mengevaluasi diri dalam segi kepemimpinan untuk mengkoordinir dan menjadi contoh bagi masyarakat STM," tutup siswa yang aktif juga di ekstrakurikuler Pramuka tersebut.

Siswa terakhir yang memberikan pengalaman sekolah di STM ( SMK Negeri 3 Mataram) ialah Wahyu Hidayat.

Siswa kelas XII MM B tersebut berpendapat bahwa sekolah di SMK Negeri 3 Mataram melewati banyak rintangan sebelum diakui menjadi siswa kelas X pada saat itu. Menurutnya, sekolah di mayoritas putra sangat menarik baginya terlebih di saat siswa putri melewati sekumpulan siswa putra. Dia juga menyatakan sangat senang sekali bisa sekolah di sekolah terbesar yang suasana sekolahnya sangat khas dengan kebiasaan anak STM pada umumnya.

"Seneng aja si sekolah di STM, suasana setiap pagi siang dan sore itu yang ngangenin, pengen balek tapi jangan jadi siswa lagi hehehe," ungkap OKPHS pengurus OSIS SMK Negeri 3 Mataram tersebut.

Ketua Ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) 2017/2018 SMK Negeri 3 Mataram tersebut berbicara mengenai pengalamannya, "Mengenai pengalaman, alhamdulillah sekali bisa diberi amanat buat bisa aktif di dua tempat sekaligus di sekolah besar ini, banyak pengalaman pokoknya di sini mulai dari ikut diklat kader narkoba, ikut sosialisasi bisa buat kegiatan skala besar dan menengah bersama pengurus OSIS."

"Selamat wisuda buat temen temen kelas XII, jalan terus jangan pantang mundur, gapai masa depan dulu, masalah kesenangan bisa dicari bersamaan. Buat adik - adik, jangan pernah bosan mengikuti organisasi, penting!" tutup Wahyu. – Hdyt (Editor-yas)