DETAIL BERITA

Teater TeRENG Sukses Menghibur Penonton dengan Lakon Kursi Ilusi

Teater TeRENG Sukses Menghibur Penonton dengan Lakon Kursi Ilusi


SMKN 3 Mataram - Teater Kebanggaan SMK Negeri 3 Mataram, Teater TeRENG kembali berhasil menghibur ribuan penonton dalam pementasan di Festival Teater Modern Pelajar (FTMP) Se – NTB ke XX yang dilaksanakan oleh FKIP Universitas Mataram pada Selasa Malam (13/11) di arena pementasan teater terbuka Taman Budaya Nusa Tenggara Barat. Pementasan yang digelar mulai dari 6 hingga 16 November tersebut diikuti oleh 41 sanggar atau sekolah dari seluruh penjuru Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Selasa malam (13/11) dengan lakon yang berjudul “Kursi Ilusi” Teater TeRENG sukses menghibur ribuan penonton yang menyaksikannya. Tepuk tangan riuh begitu menggema disaat panitia menyebutkan nama teater kebanggaan SMK Negeri 3 Mataram.  Dengan persiapan kurang lebih hanya satu bulan setengah, seluruh kru bekerja sama membuat property serta para aktor berlatih memainkan masing-masing perannya. Hasilnya, lakon yang disutradarai oleh Gilang Pratama tersebut memuaskan penontonnya. Terlebih lagi pada saat sang tokoh utama, Lalu Imran Jaya Negara yang diperankan oleh Arga Purnama sangat baik dalam memerankan perannya sebagai tokoh yang sangat ambisius dan berwibawa.

“Ceritanya bagus sekali dan alur ceritanya sangat jelas sesuailah dengan judulnya. Wataknya juga sesuai sama tokoh yang dibawakan, terus propertinya bagus, sama backsoundnya juga bagus. Pokoknya mantep dah,” komentar Wahyu Hidayat penonton yang juga sebagai pelajar usai ditemui setelah keluar dari arena pementasan.

Disamping itu, tokoh ibu yang cerewet dan penyayang telah diperankan oleh Sabrina Yuliana dengan sangat baik, hal itu semakin menambah menariknya jalan cerita untuk disimak. Dengan menampilkan cerita seorang kepala keluarga, sekaligus ketua RT, dan seorang pengusaha yang ingin menjadi anggota dewan demi kepentingan masyarakat. Akan tetapi, hal itu hanyalah ilusi semata dan tidak pernah terjadi bahkan menjadi bumerang untuk dirinya sendiri dan keluarga.

“Proses kali ini sangatlah berat dari biasanya dikarenakan waktu persiapan yang sangat kurang, apalagi naskah Kursi Ilusi ini pernah dibawakan dulu oleh Teater TeRENG pada tahun 2014 dalam event FTMP pula, dan alhamdulillah waktu itu meraih juara umum. Nah, hal itu menjadi tantangan buat kami untuk mengangkat kembali naskah ini tapi dengan konsep yang berbeda,” ucap Gilang Pratama, Sutradara sekaligus actor dalam pementasan teater tersebut usai ditemui setelah brifing penampilan bersama seluruh kru dan aktor.

“Ya, jujur harapan saya kali ini tidak terlalu besar untuk juara, karena kami selalu menekankan, bahwa kita bermain untuk penonton, kalau masalah juara itu urusan belakang,” sambung Gilang saat ditanyai mengenai harapan setalah selesainya pementasan tersebut.

Cerita berakhir dengan ditangkapnya Lalu Imran Jaya Negara oleh Polisi atas perintah Bawaslu. Tepuk tangan riuh dan sorak–sorai menggema di arena pementasan telah mengantarkan selesainya lakon yang ditampilkan oleh Teater TeRENG SMK Negeri 3 Mataram. Pujian pun dilontarkan oleh pengunjung atau penonton kepada seluruh aktor dan tim yang telah menyuguhkan penampilan menarik. (Whdt)Jurnalistik SMK Negeri 3 Mataram. Editor yas