DETAIL BERITA

Launching Technopark SMKN 3 Mataram

Launching Technopark SMKN 3 Mataram


Mataram – Selasa, 09 Oktober 2018, SMK Negeri 3 Mataram kembali menggema di kalangan public Provinsi NTB termasuk di bidang Pendidikan Nasional. Bagaimana tidak, STM sapaan yang kerap terdengar di sekitaran akses pendidikan Kota Mataram tersebut meresmikan program Technopark SMK Negeri 3 Mataram. Dengan tajuk Launching Technopark SMK Negeri 3 Mataram, kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar memperkenalkan sebuah tempat atau wadah untuk siswa – siswi dan alumni SMK dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam bidang teknologi rekayasa dan teknologi informasi komunikasi sekaligus mengembangkan industri kreatif.

Kegiatan tersebut dengan cukup meriah dan baik, kegiatan Launching Technopark tersebut dilakukan dengan melibatkan seluruh elemen di SMK Negeri 3 Mataram, mulai dari siswa sampai pegawai dan guru. Siswa yang dilibatkan antara lain Pengurus OSIS sebagai tim penyambutan tamu, UK PKS sebagai penjaga dan pengamanan sekitar arus lalu lintas, UK Paskibra sebagai tim penyambutan tamu, dan UK Gendang Beleq sebagai tim penyambut dengan seni. Disamping itu, kegiatan tersebut dihadiri oleh pejabat tingkat daerah seperti Kadis Dikbud Provinsi NTB, Kabid PSMK NTB, Kasi Kurikulum SMK, Kepala UPT, Komite sekolah, Kepala Sekolah SMA/SMK se kota Mataram dan pejabat – pejabat lainnya.

Bertempat di Area Parkir depan sekolah, sekitar kurang lebih pukul 11.00 Wita, ditandai dengan tabuhan seni UK Gendang Belek serta pengalungan selempang untuk Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB H. Muh. Suruji yang mewakili Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah karena sedang menghadiri kegiatan di Kabupaten Lombok Utara bahwa acara akan dimulai.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Protokol kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilaksanakan oleh kurang lebih 300 hadirin. Kemudian, pembacaan kalam Illahi oleh siswa XI TKJ A Ridwan Hudaibi serta pembacaan doa pembukaan oleh TGH Muh. Muhlis. Selanjutnya merupakan sambutan yang disampaikan oleh Kepala SMK Negeri 3 Mataram Moh. Tauhid sekaligus laporan dengan didirikannya Technopark SMK Negeri 3 Mataram. Dengan keberadaan Technopark di SMK Negeri 3 Mataram, beliau mengharapkan bahwa dapat menjadi wadah secara fungsional bagi menyalurkan kreativitas siswa SMK.

Sambutan lainnya sebelum memasuki acara inti disampaikan oleh Kadis Dikbud Provinsi NTB, Muh. Suruji yang mewakili Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah yang seharusnya meresmikan Technopark SMK Negeri 3 Mataram tersebut. Di dalam sambutannya, terkait adanya Technopark yang ke – 23 di Indonesia tersebut dari 34 Provinsi diharapkan menjadi akses pendidikan dan industri kreatif yang dapat menghasilkan lulusan SMK yang menyumbangkan angka tenaga kerja produktif.

Selepas rangkaian acara pembukaan, kemudian diadakan kegiatan inti yaitu peresmian secara resmi Technopark SMK Negeri 3 Mataram yang ditandai oleh pemotongan pita oleh Kadis Dikbud Provinsi NTB dengan disaksikan oleh pejabat – pejabat tingkat daerah Provinsi NTB, siswa, guru, dan para tamu undangan lainnya.  

Dengan demikian, resmilah berdirinya Technopark SMK Negeri 3 Mataram yang dapat menjadi wadah kreativitas dan inovasi siswa SMK dalam bidang teknologi yang dapat memajukan industry kreatif di Indonesia. Dengan adanya wadah tersebut, diharapkan dapat menjadi akses pendidikan bagi siswa SMK yang baik dalam mengembangkan minat dan bakat di sekolah.

Tidank lanjut dengan berdirinya Technopark yang sebelumnya sudah direkrut  kelompot calon startup sebanyak 9 kelompok yang harus terus berkerja yang akan menghasilkan prodeuk sesuai dengan proposal yang diajukan.

Selain itu Technopark SMKN 3 Mataram juga bekerja sama dengan PT Telkom wilayah Mataram menyediakan jasa internet dedicated yaitu Wifiid Corner atau WiCo dengan kecepatan Up To 100 Mbps dimana mayarakat kota Mataram dapat memanfaatkan layanan ini. Selain WiCo Technopark juga menyediakan layanan internet Indihome dengan kecepatan UpTo 40Mbps.

Technopark SMKN 3 Mataram juga menyipakan fasilitas space untuk disewa oleh pelaku bisnis di kota Mataram sebagai tempat pertemuan antara pebisnis dan klien. Dalam waktu dekat Technopark akan menyediakan café/kantin sehat yang bias dimanfaatkan oleh pengguna/pengunjung Technopark SMKN 3 Mataram– Tim Jurnalis SMK Negeri 3 Mataram - editing by yasdwipura