Wakil Ketua Asosiasi Chief Engineering Indonesia sebagai Asesor UKK Teknik Kelistrikan

By: yasdwipura | Posted on: 2024-02-24 16:33:00

SMEKTI KOMPAK – Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) kelas XII berlangsung dari tanggal 19 – 29 Februari 2024, dimana sebagai penguji adalah asesor dari dunia industri. Disinilah kemampuan peserta didik itu diuji, apakah sudah kompeten terjun ke dunia industri baik sebagai karyawan maupun berwirausaha sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipilih ketika masuk di SMKN 3 Mataram. Sejak UKK dilaksanakan sampai berita ini ditulis kegiatan berjalan sesuai dengan rencana. Beberapa kompetensi menghasilkan produk barang jadi seperti teknik pengelasan, teknik pemesinan, teknik elektronika industri dan terknik audio video, sementara pada kompetensi lainnya merupakan jasa seperti service sepeda motor, service kendaraan, sevice AC dan sebagainya.

Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) merupakan kompetensi yang paling banyak peminatnya yang lulusannya banyak menjadi Chief Engineering di hotel, supermarket dan instansi lainnya yang kali ini sebagai asesor pengujinya merupakan alumni STM (SMKN 3 Mataram) yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Asosiasi Chief Engineering Nasional yaitu bapak I Ketut Sarte yang saat ini sebagai Chief Engineering Hotel Lombok Plaza. Materi UKK yang diujikan adalah pemasangan instalasi listrik perumahan atau perkantoran.

Sementara itu, UKK untuk Teknik Pendingin yang lulusannya juga banyak dibutuhkan sebagai Chief Engineering atau berwira usaha sebagai jasa service AC dan  mesin sejenisanya mengambil materi Uji Kompetensi service AC yang asesor pengujinya juga merupakan alumni STM (SMKN 3 Mataram) yaitu bapak Ismayani yang saat ini sebagai owner Perusahaan CV Raja Teknik yang memiliki 4 cabang di pulau Lombok.

Kepala SMKN 3 Mataram Sulman Haris, S.Ag, M.Pd. I di sela-sela kegiatan yang cukup padat mengatakan bahwa UKK kali ini berjalan dengan lancar dan kami berusaha menjaring alumni sebagai asesor penguji. Karena hal ini sekaligus akan menjadi motivasi untuk berprestasi bagi peserta didik saat ini dan ke depannya. (yas)


Choose Colour