PT PLN UIP Berbagai Daerah Kunjungi Pembangunan Bengkel Konversi SMKN 3 Mataram

By: yasdwipura | Posted on: 2024-02-29 23:04:37

SMEKTI KOMPAK - Konversi Kendaraan Listrik terus digaungkan pemerintah melalui berbagai kegiatan dari pelatihan teknisi hingga subsidi bagi kendaraan yang dikonversi, bahkan di akhir tahun 2023 masyarakat diberikan konversi gratis yang pembiayaannya merupakan kolaborasi antara Kementerian ESDM dan PT PLN dengan semangat mengurangi emisi gas rumah kaca.

Hari ini Kamis, 29 Februari 2024 tim PT PLN UIP dari berbagai daerah melihat secara langsung pembangunan "Bengkel Konversi" SMKN 3 Mataram yang saat ini pengerjaannya sudah mencapai 80% yang pembangunannya disupport oleh PT PLN. Pada kesempatan itu juga dipaparkan proses kerjasama antara SMKN 3 Mataram dengan PT PLN UIP Nusra dalam mensukseskan program konversi sekaligus tanya jawab. 

Dihadapan tim PT PLN UIP dari berbagai daerah Kepala SMKN 3 Mataram Sulman Haris, S.Ag, M.Pd.I memaparkan awal mula kerjasama SMKN 3 Mataram dengan PT PLN UIP Nusa Tenggara untuk menukseskan program dari Kementerian ESDM hingga pembangunan "Bengkel Konversi" yang saat ini dalam tahap pembangunan. Penguatan juga disampaikan oleh bapak Panca dari PT PLN UIP Nusra yang menjelaskan awal mula kerja sama yang sampai saat ini berlangsung. Menurut Panca, hambatan terbesar adalah lamanya proses legalisasi perubahan BPKB dan STNK dari kendaraan BBM menjadi kendaraan Listrik sementara untuk kit disupport oleh PT Braja Elektrik Surabaya.

PT PLN UIP yang berkunjung berasal dari PT PLN UIP Aceh, Kepulauan Riau dan Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah Tengah, Jawa Barat, Sumatra Barat, Bali, Papua Dan Papua Barat diterima langsung oleh Kepala SMKN 3 Mataram beserta tim manajemen SMKN 3 Mataram di ruang sidang yang kemudian dilanjutkan dengan berkunjung ke lokasi pembangungan Bengkel Konversi.

Beberapa tim juga berkesempatan mencoba sepeda motor hasil konversi dan  menaiki mobil Listrik R-One dan mobil wisata hasil karya guru dan siswa SMKN 3 Mataram yang disupport oleh PT PLN UIP Nusra seperti tampak pada foto. (yas)


Choose Colour