9 Mahasiswa Undikma Melaksanakan Program Asistensi Mengajar di SMKN 3 Mataram

By: Tim Media | Posted on: 2024-02-28 17:28:47

SMEKTI KOMPAK - Kegiatan Asistensi Mengajar yang sebelumnya bernama (PPL - Praktek Pengalaman Lapangan) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) menempatkan 9 mahasiswanya di semester genap tahun pelajaran 2023/2024 selama 4 bulang. Sabtu, 24 Februari 2024  ke 9 mahasiswa tersebut diterima secara resmi di Ruang Sidang 2 SMK Negeri 3 Mataram yang dihadiri oleh 9 mahasiswa, Dosen Pembimbing Lapangan, guru-guru pamong dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, selaku perwakilan Kepaal Sekolah.

Dosen Pembimbing Lapangan, Bapak Zul Anwar, M.Pd., menyampaikan rasa terima aksih atas kesempatan yang diberikan oleh SMK Negeri 3 Mataram kepada mahasiswa UNDIKMA. Selama kegiatan, Zul Anwar mengharapkan agar sekolah berkenan memberikan bimbingan, sehingga akan memperkuat kompetensi mahasiswa, baik dari segi afektif, kognitif, maupun psikomotor sejalan dengan berbagai kegiatan yang akan dilakukannya selama di SMK Negeri 3 Mataram. 

Anwar Muhaimin, S.T., M.Pd yang mewakili Kepala SMKN 3 Mataram selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum juga menyampaikan rasa terima kasih  karena percaya oleh UNDIKMA untuk berperan dalam mensukseskan program asistenasi mengajar ini. Dalam kaitan dengan pelaksanaan pembelajaran, Anwar Muhaimin menyampaikan bahwa, karaktersitik pembelajaran di SMK memiliki beberapa perbedaan, jika dibandingkan dengan SMA. Seperti halnya adanya mata pelajaran kejuruan, pengorganisasian konsentrasi keahlian, dimana akan berdampak pada konten-konten materi yang perlu dipahami mahasiswa. Misalnya, pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris, sudah mengarah pada materi-materi yang berkaitan dengan spesifikasi konsentrasi keahlian. Hal ini perlu di pahami mahasiswa, dan justru nantinya, akan menjadi embrio keterbaharuan ketika akan dilanjutkan ke tingkat penelirian skripsi. 

Anwar Muhaimin berpesan kepada seluruh mahasiswa  agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-bainya. Oleh karena itu, komunikasi efektif dengan guru pamong dan dengan kepala sekolah  senantiasa terjalin dengan baik. Sesuai dengan tujuan dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa hendaknya minimal memahami Capaian Pembelajaran, menyusun Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar, serta melaksanakan praktik mengajar yang didampaingi oleh guru pamong di dalam kelas.

Untuk mahasiswa Bimbinan Konseling, Anwar Muhaimin mengharapkan agar beberapa hal yang ada di sekolah dapat dikembangkan dalam bentuk Standar Operasonal Prosedur penanganan, sehingga dapat di hasilkan bukti otentik yang konstektual. Sementara itu, untuk mahasiswa Adminsitrasi Pembelajaran, dapat mengembangkan dalam penanganan data di sekolah berbasis digital. Karena saat ini berbagai kegiatan selain mengandung pembaharuan, juga sudah menerapkan aspek digital, sehingga kedepan, dapat dijadikan sebagai penelitian skripsi oleh mahasiswa.

Sementara ityu, Senin, 26 Februari 2024 ke-9 mahasiswa Undikma tersebut diterima Kepala SMKN 3 Mataram Sulman Haris, S.Ag, M.Pd.I di ruangkerjanya. Dalam pengarahannya Sulman Haris mengharapkan agar seluruh mahasiswa berperan aktif selama berada di SMKN 3 Mataram. Sulman Haris mengingatkan bahwa saat ini peserta didik bisa lebih hebat dari grunya karena materi sudah tersedia secara digital diberbagai media yang sangat mudah didapat, sementara tentang akhlak perlu terus diingatkan disetiap kesempatan terutama di kelas, disinilah peran guru sebagai pendidik. Pada kesempatan itu, Suman Haris juga mengingatkan agar mahasiswa meningkatkan literasi dengan menulis artinya setiap kegiatan yang dilakukan di SMKN 3 Mataram hendaknya ditulis dengan gayanya masing-masing(tim media)

Editor : yasdwipura

Choose Colour