BERITA

  • Sejarah Institusi Pendidikan di Nusantara (1)

    Kata “guru” diserap dari bahasa sansekerta yang juga berarti “guru” yang arti harfiahnya adalah “berat”.

    Dalam agama Hindu, guru adalah pemandu spiritual/kejiwaan bagi para muridnya, guru juga bisa berarti simbol bagi suatu tempat yang suci yang berisi ilmu (vidya). Bahkan dalam agama Budha murid memandang gurunya sebagai jelmaan dari Budha sendiri atau Bodhisattva yang memandu muridnya menuju jalan kebenaran.

    Sejarah nusantara mencatat ...

  • Hari Kartini

    Tepat hari ini 21 April, seorang tokoh wanita yang prestisius dilahirkan. Raden Ajeng Kartini, selama ratusan tahun dikenal serta dikenang seluruh jasa dan rupanya. Sosok tersebut menjadi penyemangat, pendorong, serta pencetus semangat dalam mendongkrak kebangkitan kaum wanita pribumi di masa penjajahan.

    Kartini menempuh pendidikan di salah satu sekolah Belanda. Disaat bersekolah di sana, Kartini tertarik dengan kemajuan daya dan pola pikir wanita Eropa. Kartini lebih universal dise...

  • Siswa X TKJ A 15 Besar SEA Creative Camp 2018 Tingkat ASEAN

    SMKN 3 Mataram - Tim LKS Online SMKN 3 Mataram Tingkat ASEAN yaitu 3 orang siswa kelas X TKJ A masuk final dalam dalam SEA Creative Camp 2018 : Educational Game Developmen yang diadakan oleh SEAMEO. Ketiga siswa tersebut adalah Brian Aditya Dharmatirta, Arico Putra Bintang Malangi dan Yogi Surya Prana dibawah bimbingan Bapak I Komang Yogi Sukmantara, S.Pd, M.Pd. Tim tersebut harus melakukan presentasi berbahasa Inggris secara online nanti hari Ra...

  • PATROLI KEAMANAN SEKOLAH SATUAN SMK NEGERI 3 MATARAM

    PKS merupakan singkatan dari Patroli Keamanan Sekolah yang  merupakan  salah satu ekstrakulikuler atau kegiatan berorganisasi yang umum untuk dijumpai di sekolah Indonesia, salah satunya berada di SMK Negeri 3 MATARAM. PKS pertama kali dibentuk pada tanggal 5 Mei 1975 dengan nama Polisi Keamaan Sekolah, kemudian pada tanggal 5 Juni 1975 namanya diubah menjadi Patroli Keamanan Sekolah dengan persetujuan Bapak Letnan Kolonel Anton Sudjarwo. Sebelum berganti nama menjadi Polisi Keamana...

  • Rekomendasi Hasil Rembuknas Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018

    KETERSEDIAAN, PENINGKATAN PROFESIONALISME, DAN PERLINDUNGAN SERTA PENGHARGAAN GURU

    1. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah perlu bekerja sama mempercepat terbitnya regulasi yang lebih teknis tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memenuhi kebutuhan guru melalui pengangkatan guru baru atau redistribusi guru.
    2. Pemerintah Pusat dan Daerah perlu berkoordinasi dan harmonisasi dalam membuat regulasi tentang pembagian kewenangan dan pembiayaan dalam ran...

  • SILARAS

    (SMKN 3 Mataram 01/03/2018) Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan meluncurkan program SILARAS-Sistem Layanan Penyelenggaran Kejuruan. Selengkapnya mari kita simak berita selengkapnya.

    Fasilitasi Peningkatan Partisipasi Dunia Usaha/Dunia Industri Dalam Mewujudkan Penyelarasan Kejuruan (Link&Match) di SMK dilaksanakan Melalui Layanan “SiLARAS”

    Sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 20 Tahun 203 tentang Sistem Pendidikan Nasional, sekolah me...

  • Southeast Asia Creative Camp 2018

    Future Careers for Youth

    6-12 May 2018, Mataram City, West Nusa Tenggara, Indonesia

    Hosted by Department of Technical and Vocational Education

    Ministry of Education and Culture, Indonesia

    Back to back with the Indonesian Skills Competition (LKS SMK 2018)

     

    About SEA Creative Camp 2018

    Since the launch of ASEAN integration in 2015, all Southeast Asian countries have positioned Technical...

  • Uji Kompetensi Keahlian Tahun Pelajaran 2017/2018

    Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK terdiri dari Ujian Praktik Kejuruan yang umumnya diselenggarakan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Teori Kejuruan...

  • PELAKSANAAN MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE-89 SMK NEGERI 3 MATARAM

    ~Mataram – SMK Negeri 3 Mataram melaksanakan rangkaian kegiatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 89 tahun 2017 pada hari Sabtu (28/10). Rangkaian kegiatan diawali dengan pelaksaan upacara bendera yang diikuti oleh dua ribuan peserta termasuk siswa siswi, guru, serta pegawai SMK Negeri 3 Mataram. Dalam upacara tersebut, pembina upacara menyampaikan intruksi langsung dari Kementrian Pemuda dan Olahraga yang berjudul “PEMUDA INDONESIA BERANI BERSATU”.

    Tepat setelah kegiatan...

  • SERTIJAB PATROLI KEAMANAN SEKOLAH SMK NEGERI 3 MATARAM

    ~~Mataram - Patroli Keamanan Sekolah Satuan SMK Negeri 3 Mataram mengadakan acara Serah Terima Jabatan Kepengurusan Baru Masa Bhakti 2017/2018 pada hari minggu (17/9). Acara tersebut dilakukan atas dasar berakhirnya masa kepengurusan baru angkatan II. Acara Serah Terima Jabatan Kepengurusan Baru Masa Bhakti 2017/2018 dilaksanakan di Aula Lantai 2 SMK Negeri 3 Mataram tepat dimulai pada pukul 10.00 Wita.
    Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Kasat Binmas Polres Mataram, Kanit Dik...

  • DIKLATSAR ANGGOTA PKS ANGKATAN IV

    Mataram - Patroli Keamanan Sekolah Satuan SMK Negeri 3 Mataram mengadakan Pelantikan Anggota baru yaitu angkatan IV (1/10). Sehari sebelumnya, diadakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar bagi seluruh Cata Angkatan IV yang bertempat di SMK Negeri 3 Mataram sebagai bekal dan latihan untuk menjadi anggota inti yang akan bertugas dan bertanggung jawab dalam bidang keamanan khususnya mengatur lalu lintas di area lingkungan sekolah (30/9).

    Kegiatan Pendidikan dan Latih...