SMKN 3 Mataram Menyemarakkan Program STE-EM Melalui Sabtu Budaya

By: Anwar Muhaimin, ST, M.Pd | Posted on: 2024-01-27 14:03:13

SMEKTI KOMPAK - STE-EM merupakan akronim dari Student Tallent Expression Exibition Moment. Program ini merupakan program inovatif dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tujuan dari program STE-EM adalah memberi rumah besar bagi siswa-siswi di NTB yang memiliki bakat dan prestasi di berbagai bidang, seperti seni, musik, olah raga. Selama ini, sudah banyak siswa-siswa NTB yang berprestasi pada bidang-bidang tersebut, baik Nasional maupun Internasional. 

Pengembangan bakat dan minat siswa, tentu saja perlu diupayakan secara optimal oleh semua unsur terkait. Dalam hal ini, satuan pendidikan dapat berperan dalam pengembangan tersebut. Melalui program-program intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, sekolah dapat menjembatani proses pengembangan bakat dan minat tersebut. Hal ini dikarenakan, prestasi-prestasi yang diraih siswa tidak bisa terwujud dalam waktu singkat, melainkan  memerlukan proses. Melalui berbagai program yang dikembangkan sekolah, proses ini dapat diaktualisasikan dengan maksimal.

Dalam kaitan dengan proses pengembangan bakat dan minat tersebut, SMK Negeri 3 Mataram melalui program Sabtu Budaya mengoptimalkan talenta-talenta siswa dalam berbagai bidang, baik seni, musik, oalh raga, maupaun dibidnag akademik. Acara Sabtu Budaya diisi dengan Student Expression, ekspresi berbagai minat dan bakat siswa. Proses pengembangan talenta siswa, diasah melalui berbagai kegiatan, baik intrakurikuler, ekstrakutikuler, maupun kokurikuler. Sedangkan Student Ex[pression di Sabtu Budaya ini, merupakan media unjuk kerja dari telanta-talenta tersebut. Sebagaimana kegiatan Sabtu Budaya, 27 Januari 2024, salah satu siswa menunjukkan kemampuannya dalam hal public speaking dengan berbinvcang-bincang ringan bersama Bapak/Ibu Guru di sekolah. Dengan memanfaatkan Panggung Ekspresi, siswa menunjukkan kemampuannya mewawancarai Guru dihadapan Bapak/Ibu Guru dan siswa lain. Kegatan ini hampir menyerupai Talk Show, dimana tema bincang-bincang siswa berkaitan dengan seputar pembelajaran dan dukungan sekolah pada kegiatan-kegiatan ssiwa. Talk Show dapat menjadi media efektif untuk mengembangkan bakal siswa dalam public speaking, mengasah mental siswa menyampaikan gagasan menggunakan metode jurnalistik, dan memberi contoh bagi siswa-siswa lain untuk berani berkeskpresi secara positif.

Sabtu Budaya berkaitan dengan Student Expression, pada kesempatan-kesempatan berikutnya akan banyak diisi dengan berbagai kegiatan seperti menanyai solo dan grup baik lagu daerah maupun nasional, baca puisi, pidato dalam Bahasa Sasak, Bahasa Indonesia, dan bahasa asing, pertunjukan tari, monolog teater, pertunjukan talen-talen berbagai ektrakurikuler, pertunjukan seni bela diri baik bela diri khas daerah maupun nasional, serta bakat minat lain.

Semoga, upaya ini menjadi media efektif pengembangan bakat dan minat siswa SMK Negeri 3 Mataram, dan mendukung suksesnya STE-EM Dinas Dikbud Provinsi NTB.

Choose Colour