PEMBELAJARAN BERBASIS RISET, SALAH SATU ALTERNATIF PELAKSANAAN UKK DI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 3 MATARAM

By: Anwar Muhaimin, Guru Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Mataram | Posted on: 2023-11-12 20:50:51

Penerapan Kurikulum Merdeka pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memberikan kesempatan kepada Bapak/Ibu Guru baik pada mata pelajaran kejuruan maupun non kejuruan untuk menerapkan karaktersitik Kurikulum Merdeka. Karakteristik tersebut meliputi pengembangan soft skill siswa, pelaksanaan pembelajaran dengan menekankan materi esensial, dan pengelolaan pembelajaran yang fleksibel. (Kemdikbudristek, 2023).  Deskripsi materi yang tertuang dalam Capaian Pembelajaran memberikan rambu-rambu sebagai pedoman pengelolaan materi pembelajaran, maka materi ini dapat dikembangkan oleh guru melalui penerapan  tiga karaktersitik tersebut.

Sebagai salah satu SMK yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka sampai pada tahun ke-3, kegiatan-kegiatan pengembangan pembelajaran di SMK Negeri 3 Mataram dioptimalkan melalui perencanaan, pelaksanaan, sampai pada evaluasi pembelajaran. Dari tahapan perencanaan, akan ditemukan berbagai inovasi pembelajaran, baik metode maupun produk pembelajaran.  Oleh karena itu, dalam rangka menghasilkan berbagai inovasi pembelajaran, sangat diperlukan penerapan kolaborasi antar guru mata pelajaran di sekolah, maupun kolaborasi antara guru di sekolah dengan pihak lain, misalnya industri yang relevan. 

Sebagaimana yang dilakukan oleh Bapak/Ibu Guru Teknik Pemesinan, penerapan kurikulum merdeka, memberi motivasi untuk senantiasa mampu menyediakan proses pembelajaran inovatif. Agar ide-ide inovatif itu muncul dan berkembang, maka secara periodik dilakukan kegiatan diskusi dan berkolaborasi melalui pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sekolah.  

Seperti halnya yang dilaksanakan pada Sabtu, 11 November 2023, ketika akan menghadapi semester genap tahun 2023/2024, bertempat di Bengkel Teknik Pemesinan, guru-guru Teknik Pemesinan melaksanakan MGMP sekolah. Agenda membicarakan desain produk pembelajaran kejuruan pada semester genap 2023/2024 yang akan diterapkan pada lima elemen kurikulum merdeka. MGMP dihadiri oleh seluruh guru Teknik Pemesinan, mulai dari Kepala Program Keahlian, Teknik Mesin, Zaenal Muttaqin, S.Pd, Kepala Bengkel Teknik Pemesinan Ruli Adi Nugroho, S.Pd, Guru Mesin CNC Anwar Muhaimin, S.T., M.Pd.,  Guru Mesin Bubut, Mukhtad, S.T, Guru Mesin Frais, M. Erwin Putrawal, S.T, dan Guru Proyek Kreatif Kewirausahaan, Sopianita, S.T. 



Diskusi tentang penetapan desain produk pembelajaran, mempertimbangkan kemampuan siswa, sehingga pilihan proyek dalam beberapa bentuk produk, sangat memungkinkan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, terutama diferensiasi proses dan produk. Dengan mempertimbangkan kemampuan daya dukung pembiayaan yang tersedia, maka didesain berbagai pilihan proyek yang dimungkinkan untuk mampu direalissikan. Proyek dan produk ini dibuat dengan gradasi kesulitan berbeda, dalam rangka  menyediakan pengalaman pembelajaran bermakna dan  sesuai dengan karakteristik kemampuan siswa.

Selain itu, MGMP juga mendiskusikan persiapan Uji Kompetensi Siswa (UKK) tahun 2024. Dalam diskusi diputuskan bahwa, proses pelaksanaan UKK, selain mengacu pada ketentuan UKK, juga dikembangkan penerapan Pembelajaran Riset bagi siswa. Pembelajaran Riset ini merupakan pilihan, diperuntukkan bagi siswa yang tertarik untuk melaksanakan kegiatan riset. Riset dimaksudkan untuk memberi pengalaman pembelajaran bagi siswa dengan penerapan metodologi ilmiah, dengan output berbentuk produk dan disampaikan melalui tahapan-tahapan Project Based Learning. Pembelajaran riset dipilih karena sangat memungkinkan penerapan pembelajaran kolaboratif antar mata pelajaran, terutama mata pelajaran konsentrasi keahlian, proyek kreatif kewirausahaan, Bahasa Indonesia, dan Matematika.

 



Dari diskusi, disepakati penyediaaan empat proyek berbentuk produk riset, mulai dari produk berbahan aklirik pada kompetensi mesin CNC, produk alat-alat rumah tangga pada kompetensi mesin bubut dan frais, serta produk pendukung pembelajaran Teaching Factory pada kompetensi mesin bubut dan frais. 

Sementara itu, pelaksanaan riset berbasis PjBL mengacu pada sintak sebagaimana dikemukakan Goerge Lucas Educational Foundation (Hanifa, N.N, et.al., 2022) meliputi: (1) essential question, (2) design a plan for the project, (3) create a schedule, (4) monitor the students and the progress of the project, (5) asses the outcome, dan (6) evaluate the experience. Peran kolabroasi antar guru mata pelajaran dipetakan sebagai berikut (1) Guru Bahasa Indonesia, dan kejuruan menguatkan pelaksanaan riset mulai dari penyusunan proposal dan perancangan riset, hal ini merupakan pelaksanaan sintak ke-1 sampai ke-3   dari  PjBL,  (2) guru matematika dan kejuruan, menguatkan pemahaman siswa pada landasan teori yang relevan, (3) guru kejuruan menguatkan pelaksanaan riset, hal ini merupakan pelaksanaan sintak ke-4 dari PjBL, (4) guru Bahasa Indonesia dan Kejuruan menguatkan pahaman siswa pada pembahasan hasil riset sampai pada kesimpulan, hal ini merupakan penerapan dari sintak ke-5 dari PjBL, dan (5) pengujian performa dari siswa untuk mempresentasikan produk dihadapan tim penguji seluruh guru yang terlihat, hal ini merupakan penerapan sintak ke-6 dari PjBL.

Pada intinya, fleksibiltas pada kurikulum merdeka, memberikan ruang gerak yang sangat luas bagi guru, dengan mengacu pada Capaian Pembelajaran serta mengedepankan kolaborasi. Semangat kolaborasi akan menghasilkan pengembangan inovasi  beragam. Berbagai inovasi yang disajikan kepada siswa, akan menjadi media efektif falam memberikan pembelajaran bermakna bagi siswa.


Daftar Pustaka

Hanifa, N.N., Hatimah, I.,  Pramudia, J.R. 2022.  Implementation of Project Based Learning in The Life Skill Program at Homeschooling Taman Sekar Bandung. Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol. 4 No. 2, November-2022, pp. 55-59. Diakses secara online melalui  https://ejournal.upi.edu/index.php/IJACE/article/download/53619/pdf   

Kemdikbudristek. 2023. Kruikulum Merdeka: Keleluasaan Pendidik dan Pembelajaran Berkualitas. Diakses secara online melalui https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/ 


Choose Colour