ARTIKEL

  • 5 Fakta Menarik Tentang Pendidikan Anak Usia Prasekolah

    Pendidikan tentunya menjadi salah satu faktor penting yang turut serta dalam membangun kepribadian individu. Hampir setiap harinya anak pergi ke sekolah untuk belajar berbagai hal dan bersosialisasi dengan anak lainnya. Oleh karena itu, pendidikan memiliki peran penting dalam membangun hubungan sosial dan emosional anak.

    Selain itu, pendidikan juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menentukan masa depan bangsa. Dengan pendidikan yang baik tentunya diharapkan dapat menghasilka...

  • Mengembangkan Kreativitas Anak di Rumah

    Kreatif dan inovatif menjadi kunci utama kesuksesan di era milenial saat ini. Suasana dan pembiasaan di rumah oleh orangtua menjadi salah satu faktor utama dalam menumbuhkan anak-anak yang kreatif dan inovatif.

    Psikolog Evlyne S.Psi dari IPEKA Counseling Center, dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, menyebutkan ada beberapa tips yang perlu orang tua lakukan untuk menggembangkan suasana dan pembiasaan di rumah oleh orangtua menjadi salah satu faktor utama dalam menumb...

  • Beautiful Garden Of Light

    “Rindu mendalam akan cahaya”, itu ciri dominan banyak jiwa di zaman ini. Sebagian orang bahkan mengejar cahaya ke tempat yang sangat jauh, membayar dengan ongkos yang sangat mahal agar bisa berjumpa sang cahaya.

    Sedikit yang menyadari kalau keluarga juga bisa dibuat menjadi taman cahaya yang indah. Terutama melalui ketekunan dan ketulusan untuk selalu saling menerima, saling memaafkan dan saling menyayangi.

    Setiap sahabat yang sudah menikah dengan pasangan yang...

  • Pesan-Pesan Perjuangan Dari Pahlawan Nasional

    Pesan-Pesan Perjuangan/Kata Mutiara Dari Pahlawan Nasional

    Hari Pahlawan adalah Hari Peringatan yang dirayakan pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Ini dimaksudkan untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, dimana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional.

    Beberapa pesan Pahlawan Nasional Berikut ini dih...

  • Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar Bangsa Indonesia

    Sebagai warga negara Indonesia, kita tentu sudah mengenal dengan Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda dirumuskan oleh pemuda dan pemudi bangsa Indonesia pada tanggal 27-28 Oktober 1928 saat berlangsungnya Kongres Pemuda Indonesia II yang berlangsung di Batavia (saat itu Jakarta masih bernama Batavia). Perlu diketahui, Kongres Pemuda II merupakan lanjutan dari Kongres Pemuda I yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu pada tanggal 30 April-2 Mei 1926.

  • Sebagian sahabat yang jiwanya sudah menua mengerti, tatkala masih muda dulu nyaris semua manusia tertarik dengan kecantikan (kegantengan) di tingkat kulit yang sangat permukaan. Mata, bibir, hidung, warna baju kesukaan, cahay

    Sebagian sahabat yang jiwanya sudah menua mengerti, tatkala masih muda dulu nyaris semua manusia tertarik dengan kecantikan (kegantengan) di tingkat kulit yang sangat permukaan. Mata, bibir, hidung, warna baju kesukaan, cahaya kulit adalah sebagian hal-hal luar dan permukaan yang membuat jiwa-jiwa belum dewasa ditarik sebagaimana magnet menarik logam.

    Dan begitu seseorang kaya dengan pengalaman ditipu di sana ditipu di sini, terkecoh di sana terkecoh di sini, di sana seseorang mulai...

  • WINNER VS LOSER

    By : Renald Kasali

    Loser ditujukan kepada orang yang kalah, bukan karena lemah atau tak berdaya, melainkan karena *sikap mental yang dibuat sendiri*. Kadang kontribusi lingkungan yang membentuk seseorang menjadi loser, tetapi sebagai manusia, kita punya pilihan, punya sikap ingin menjadi winner atau membiarkan diri terpedaya oleh sikap yang bermuara pada kekalahan demi kekalahan.

    Denis Waitley bahkan menuliskan dalam *The will to win* dan mengulas keberhasilan Andrew Wiles...

  • Berjumpa Guru Sejati

    “Apa dan siapa itu Guru sejati?”, demikian pertanyaan yang kerap diungkapkan oleh banyak pencari. Tidak mudah menjawabnya. Sederhananya, bagi orang biasa yang belum tercerahkan, Guru sejati ada di luar. Bagi pencari yang baru tercerahkan, Guru sejati ada di dalam. Namun bagi ia yang sudah mengalami pencerahan sempurna, Guru sejati itu melampaui luar dan dalam.

    Di Barat yang bahasanya lugas, ada yang mendefinisikan Guru se...

  • PENDIDIKAN KARAKTER BEAWAL DARI KELUARGA

    Dari beberapa tahun tearakhir dimana mana khususnya dunia pendidikan mendengungkan pendidikan karakter. Kurikulum diharapkan memuat pendidikan karakter.

    Mengapa perlu pendidikan karakter?

    Bukankan masyarakat kita semua beragama? Yang ajarannya juga mengandung pendidikan karakter!

    Bangsa kita menganut Pancasila sebagai dasar negara, yang menganut tata krama berbangsa dan bernegara yang juga mengajarkan pendidikan karakter

    Bangsa kita sejak jaman kerajaan...

  • Kekuatan Air Degan (Kelapa Muda)

    Kebanyakan orang, lebih percaya sesuatu kalau sudah ada orang yang mengalaminya. Bahkan sesuatu yang sudah jelas secara ilmiah pun terkadang jadi luput dari ingatan kita karena belum sepenuhnya kita percayai atau alami sendiri. Contohnya tentang khasiat air degan ini. Sampai kini, karena sudah SANGAT merasakan khasiatnya, keluarga kami sangat rajin – karena akhirnya memang jadi sangat suka – meminum air kelapa muda.

    Penyebabnya adalah kejadian waktu saya terkena maag aku...